Pengantar Ilmu Sosiologi

Apa yang dimaksud dengan sosiologi itu?

–          Berdasarkan etimologi, arti kata sosiologi berasal dari kata socius (kata latin) berarti kawan, logos (kata yunani) berarti kata atau berbicara. Jadi, sosiologi berarti berbicara mengenai kawan atau berbicara tentang hidup bersama. Dalam ilmu pengetahuan istilah  (terminologi) sosiologi berarti ilmu pengetahuan tentang masyarakat.

  1. Definisi yang dikemukakan oleh Drs. J.B.A.F Mayor Polak, sosiologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan, yakni antara hubungan diantara manusia dengan manusia, manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik formal maupun material, baik statis, maupun dinamis.
  2. Definisi yang dikemukakan oleh Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, sosiologi atau ilmu masyarakat adalah ilmu yang empelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan sosial.

PENDEKATAN KUALITATIF DALALM METODE-METODE SOSIOLOGI

PENDEKATAN KUALITATIF:

Metode-metode yang mengutamakan bahan-bahan penelitian yang sukar dapat diukur dengan angka-angka atau ukkuran-ukuran lain yang eksakta. Namun bahan-bahan tersebut terdapat dengan nyata didalam masyarakat.

Metode-metode yang menggunakan pendekatan kualitatif misalnya: metode historis, metode komparatif, dan metode historis komparatif.

PENDEKATAN KUANTITATIF:

Metode-metode yang mengutamakan bahan-bahan penelitian yang dapat diukur dengan angka, sehingga gejala-gejala yang diteliti dapat diukur dengan menggunakan skala-skala, indeks-indeks, tabel-tabel. Yang termasuk metode ini adalah statistik, dan sosiometri.

METODE INDUKSI adalah cara kerja penelitian yang mengambil kesimpulan dari unsur-unsur atau kejadian-kejadian yang terjadi secaraberulang dan memperlihatkan kesamaan-kesamaan, atau bergerak dari hal-haal khusus kepada kesimpulan umum.

Contoh:

Tuan A dokter, tulisannya jelek

Tuan B dokter, tulisannya jelek

Tuan C dokter, tulisannya jelek

Semua dokter tulisannya jelek

METODE DEDUKSI adalah cara penelitian yang mempergunakan proses sebaliknya, yaitu mulai dari suatu kaidah umum (kesimpulan umum) yang dianggap berlaku umum atau muali dari suatu teori, kemudian baru dibuktikan atau dipelajari unsur-unsurnya, atau bergerak dari kesimpulan umum ke arah hal-hal khusus (unsur-unsur).

Contoh:

Semua manusia pasti mati (kaidah umum)

Tuan A, manusia, mati

Tuan B, manusia, mati

Tuan C, manusia, mati

METODE FUNCTIONALIS adalah metode yang berpendapat bahwa setiap unsur dari unsur-unsur yang membentuk masyarakat mempunyai fungsi-fungsi tersendiri.

Unsur-unsur tersebut mempunyai hubungan timbal balik dan saling pengaruh mempengaruhi. Sarjana sosiologi yangg mempopulerkan metode functionalism, antara lain:

Tallcott, Parsons, dan Robert K. Nerton.

SOSIOMETRI DAN SOSIOGRAM

SOSIOMETRI adalah suatu metode sosiologi yang bertujuan untuk meneliti saling hubungan antara anggota kelompok didalam suatu kelompok tertentu.

Untuk memperoleh keterangan tentang saling hubungan antara anggota kelompok, maka diajukan sebuah daftar yang berisi pertanyaan-pertanyaan berisi ajakan untuk menentukan sikap seseorang anggota kelompok terhadap anggota kelompok lainnya dalam kelompok tersebut. Misalnya, siapa yang menurut pendapat anggota kelompok tersebut diantara anggota-anggota kelompoknya yang paling cakap menjadi pemimpin kelompok, atau teman yang apling tepat baginya untuk bekerja sama dalam melakukan tugas-tugas kelompok dan sebagainya.

Metode ini dikemukakan oleh Moreno.

SOSIOGRAM merupakan suatu diagram yang menunjukan atau memperlihatkan dengan jelas bagaimana saling hubungan antara anggota kelompok sesuai dengan peranan sosial mereka lakukan masing-masing dalam interaksi didalam kelompok tersebut. Jadi, sosiogram merupakan hasil penelitian sosiometri.

HUBUNGAN ANTARA SOSIOLOGI DENGAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL LAINNYA?

Hubungannya erat. Hasil-hasil penelitian sosiologi dapat digunakan oleh ilmu pengetahuan lainnya, demikian juga sebaliknya, hasil-hasil ilmu pengetahuan sosial lainnya dapat digunakan oleh sosiologi.

PERBEDAAN ANTARA ILMU EKONOMI DENGAN ILMU SOSIOLOGI.

Seperti telah diuraikan diatas bahwa masyarakat sebagai objek ilmu pengetahuan sosial, dapat dilihat sebagai terdiri dari beberapa segi, bidang kehidupan, aspek-aspek gejala-gejala sosial.

Ada segi ekonomi, bidang kehidupan ekonomi, aspek ekonomi, gejala-gejala ekonomi, yang antar lain bersangkut paut dengan produksi, distribusi konsumsi barang-barang dan jasa, dsb.

Segi ekonomi, gejala-gejala ekonomi inilah yang dipelajari oleh ilmu ekonomi.

Ilmu ekonomi hanya mengkhususkan penelaahan pada segi atau gejala tertentu dalam masyarakat yaitu bagaimana usaha-usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan materialnya.

Sedangkan sosiologi mempelajari unsur-unsur kemasyarakatan secara keseluruhan. Sosiologi memusatkan perhatian pada segi-segi atau gejal-gejala msyarakat yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum daripadanya.

PERSAMAAN DAN PERBEDAAN ANTARA SOSIOLOGI DENGAN SEJARAH SOSIAL?

PERSAMAANNYA:

Keduanya merupakan ilmu sosial yang mempelajari kejadian-kejadian dan hubungan-hubungan yang dialami masyarakat manusia.

PERBEDAANNYA:

Sejarah terutama berusaha mengungkapkan dengan seteliti-telitinya apa yang dialami manusia, terutama sejak manusia mengenal perbedaan. Ahli sejarah terutama memperlihatkan yang telah terjadi dan berusaha untuk menghubungkan antara satu peristiwa dengan peristiwa yang lain agar memperoleh gambaran yang menyeluruh tentang maslah silam atau masyarakat silam.

Kecuali itu, ahli sejarah bukan saja ingin memperoleh pengertian yang mendalam tentang peristiwa tersebut, tetapi juga terutama memperoleh apa yang menjadi sebab-sebabnya peristiwa tersebut.

Sosiologi terutama memperhstiksn pols-pols umum masyarakat sebagaimana adanya. Walaupun sosiologi juga memperhatikan masyarakat silam, akan tetapi yang diperhatikan hanya pola-pola peristiwa-peristiea yang merupakan proses-proses kemasyarakatan yang timbul dari hubungan manusia dalam situasi dan kondisi yang berbeda-beda.

By: Jaka Purnama

SELAMAT UAS ….!!😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s